Bisnis kecil sampingan untuk yang sudah ada kesibukan

Bisnis kecil sampingan untuk yang sudah ada kesibukan

Apakah kamu ingin memiliki pendapatan sampingan? Hampir semua orang akan menjawab iya ketika diberikan pertanyaan ini. Namun, cara yang dilakukan oleh setiap orang untuk mendapatkannya berbeda-beda: ada yang melakukan pekerjaan tambahan di waktu kosongnya seusai kesibukan utamanya (kerja full-time, bisnis atau mengurus rumah tangga), ada pula yang menjalankan bisnis kecil-kecilan. Jika di analisa lebih dalam, sebenarnya pendapatan dari menjalankan sebuah bisnis akan lebih tinggi ketimbang bekerja paruh waktu, karena bekerja akan selalu menuntut kita untuk hadir, sedangkan bisnis itu lebih fleksibel.

Bisnis kecil sampingan yang menguntungkan

Bisnis kecil sampingan seperti apa sih yang menguntungkan? terutama yang tidak mengambil waktu banyak sekali, karena memang tujuannya adalah untuk sampingan bukan malah menyita waktu sampai waktu pekerjaan full-time juga termakan. Misalnya membuka toko baju, restoran kecil, toko jahit, itu semua akan memakan waktu yang sangat banyak. Bisnis offline seperti yang baru dipaparkan memang bisa saja dijalankan paruh waktu, namun harus dengan lokasi yang dekat dengan rumah kita. Alternatifnya? Berbisnislah online! Berikut adalah contoh dari bisnis yang bisa kamu jalankan sampingan secara online:

1.Membuka toko online

Dulu membuka toko online sangatlah sulit karena kita harus mengerti cara membuat website dan sebagainya. Orang sampai ada yang rela membayar programmer yang biayanya tidak kecil untuk membuat satu website khusus. Sekarang? semua itu sudah berubah, sudah banyak sekali platform toko online yang bisa kamu gunakan, seperti: tokopedia, bukalapak, olx. Platform toko tersebut melakukan iklan secara rutin sehingga memang tingkat pengunjung ke platform mereka cukup tinggi. Yang perlu kamu lakukan adalah mencari barang yang jarang dijual di platform tersebut dan membuka toko tersebut secara online. Misalnya: kamu tahu bahwa di sekitar kamu itu ada penjual mainan unik yang mainannya bagus, dan ketika kamu cek di platform online, ternyata tidak ada yang menjual mainan tersebut. Nah! kamu bisa menjualnya online dan mengambil mainannya dari penjual tersebut. Kamu bahkan tidak perlu membeli barangnya terlebih dahulu karena dapat dilakukan ketika ada order online.

2.Instagram

Pernah mendengar orang di bayar untuk foto? Ya! Ini menjadi tren di instagram sekarang, banyak sekali orang yang mulai merambah bisnis ke instagram karena biayanya yang murah dan sangat mudah dilakukan paruh waktu. Intinya kamu harus memiliki follower yang banyak (follower asli ya, bukan follower yang palsu yang dibeli..), bagaimana caranya? pilih dulu bidang kamu. Apakah kamu mau instagram kamu yang lucu2 seperti dagelan? (followernya sudah 1 juta) atau kamu mau instagram kamu berisi foto2 kamu (ini kalau kamu jago foto ya..)? Pilih bidang yang kamu ingin fokus dan coba liat orang lain yang sudah sukses di bidang itu, mulailah posting di instagram dengan teknik yang sama dengan mereka tapi jangan di ciplak, gunakan hashtag (#) yang banyak dipakai ketika mereka posting. Ketika userbase kamu sudah banyak, kamu bisa mulai tulis nomor telpon untuk iklan, jadi perusahaan yang mau iklanin makanan atau apapun itu nanti akan membayar kamu per posting! Bayangkan kalau 1 posting bisa 500 ribu, 10 posting per bulan aja sudah menjadi sampingan yang lumayan banget!

3.Bisnis iklan dengan blogger atau youtuber

Bisnis yang satu ini butuh keuletan kamu namun timbal baliknya juga sepadan. Blogger adalah sebutan untuk orang yang menulis artikel di blog mereka sendiri, sedangkan youtuber adalah sebutan untuk orang yang membuat video untuk upload di channel youtube mereka sendiri. Blogger dan juga pembuat video di Youtube mendapatkan pendapatan dari iklan yang diklik oleh pengunjung websitenya. Misalnya website kami disini, kamu akan melihat beberapa iklan yang tampil di layar, apabila iklan tersebut di klik, maka kami akan mendapatkan pembayaran sesuai dengan perhitungan dari penyedia iklan. Google Adsense merupakan satu layanan yang kami sarankan untuk kamu gunakan ketika ingin menampilkan iklan di website kamu.

Untuk memulai blogging kamu bisa belajar di blogger dan untuk youtube, kamu bisa langsung daftar di webnya. Pilihlah topikmu, tulislah mengenai topik yang jarang diulas oleh orang2, ataupun topik yang sedang ngetren, sehingga ketika orang mencari itu di google, blogmu akan muncul dan dibaca oleh orang. Jika kamu ingin mempelajari lebih dalam tentang blogging kamu bisa mengunjungi bagian website kami di sini. Kami akan membahas mengenai teknik untuk memulai channel di youtube dalam waktu dekat, so stay tuned! =)

Leave a reply